Rabu, 09 Juni 2010

Konsep Mail

Mail, atau yang dikenal dengan Electronic Mail ( eMail ), dewasa ini telah menjadi suatu tool yang sangat powerfull di dalam dunia maya internet. Sedemikian pentingnya email, sehingga menyebabkan penggunaannya yang sangat tinggi dan telah menjadi kebiasaan dalam berkomunikasi.

Berikut ini akan di jelaskan beberapa jenis sistem email yang sering digunakan :

1. Client Server eMail

Email ini banyak digunakan di perusahaan – perusahaan dengan menggunakan 1 Mail Server dan user mengakses dari workstation masing – masing. Cirinya adalah adanya pengisian mail server name di propertiesnya, contoh di PSN : PSN_server01.

Semua email yang ditujukan ke seorang user, pertama kali akan ditampung di server tersebut, lalu secara otomatis akan didistribusikan ke user yang alamatnya sesuai.

Program : Microsoft Exchange atau Microsoft Outlook


2. Pop Server eMail

Mail Server yang dipunyai kantor juga bisa menyediakan akses mail lewat aplikasi yang bukan Client Server. Untuk mengakses mail dengan cara seperti ini, di server dibuka sebuah service yang namanya POP, dan memberikan nama server tempat menampung mail tersebut, contoh di PSN adalah : Mail.psn.co.id

Program : Eudora, Internet Mail, Outlook Express, Netscape Messenger

3. Browser eMail

Email ini digunakan dengan membuka sebuah HomePage yang menyediakan Free mail, misalnya : Hotmail, Yahoo atau iName

Program : Netsacpe / The Internet.

0 komentar:


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by ArchitecturesDesign.Com Beautiful Architecture Homes