Senin, 10 Mei 2010

peristiwa-pristiwa hilangnya pesawat di dunia

SEMOGA BERMANPAAT GAN

Peristiwa hilangnya pesawat (missing plane) Boeing 737-400 milik maskapai penerbangan AdamAir mengingatkan pada serangkaian peristiwa serupa. Fenomena ini bukan yang pertama kali. Sejak pesawat ditemukan pertama kali oleh Wright bersaudara, missing plane sudah terjadi berulang kali.

Salah satu persitiwa missing plane yang menarik adalah pda 1944 saat enam dari tujuh pesawat pengembom milik AS hilang di daerah Bermuda, dalam perjalanan dari AS menuju Italia saat Perang Dunia II tengah berkecamuk.

Kejadian menarik lainnya adalah hilangnya pesawat penumpang Stardust milik maskapai penerbangan Inggris, yang raib secara misterius di atas kabut tipis, di Pegunungan Andes, Amerika Selatan pada 2 Agustus 1947. Pesawat ini kemudian ditemukan 51 tahun kemudian pada 1998 di puncak gletser pegunungan itu.

Berikut serangkaian peristiwa yang dirangkum okezone:

2 Juli 1937, Amelia Earhart hilang bersama ambisinya mengelilingi dunia saat pesawat jenis Lockheed Elecktra yang dikendarainya, bersama seorang navigator bernama Fred Noonan hilang di sekitar Pulau Howland, wilayah tengah Pasifik.

1944, tujuh pesawat pengebom saat Perang Dunia II hilang setelah lepas landas dari Bandara Bermuda, dalam perjalanannya dari AS menuju Italia.

Desember 1945, Lima pesawat militer Flight 19 dan satu pesawat penyelamat hilang saat melintas di kawasan Bermuda. Mereka lepas landas dari Florida dan hilang di Segitiga Bermuda.

2 Agustus 1947, pesawat tipe Stardust dari Bandara Buenos Aires, Argentina, hilang di Pegunungan Andes. Pesawat ini hilang saat akan menuju Ibu Kota Cile, Santiago. Seorang navigator, tiga kru pesawat, dan enam penumpang hilang. Sebelum hilang, pesawat sempat mengirimkan kode morse.

1961, pesawat Garuda hilang di Perairan Masalembo. Penyebab kecelakaan diperkirakan karena pesawat masuk kantong udara (air pocket). Sebuah pesawat Dakota dan satu helikopter TNI yang mencari pesawat Garuda ikut lenyap secara misterius.

16 Maret 1962, pesawat penumpang jenis Lockheed 1049H Super milik maskapai penerbangan Flying Tiger Line, Amerika Serikat, hilang di Laut Filipina. Nasib 107 penumpangnya serta bangkai pesawat hingga kini belum diketahui.

1963, dua pesawat dengan empat mesin hilang di 300 mil sebelah barat Bermuda.

Juni 1965, pesawat kecil hilang beserta 10 awaknya di kawasan Bermuda. Dua tahun kemudian, penumpang kapal Queen Elizabeth I menyaksikan sebuah pesawat dalam jarak 100 yard menghilang di udara.

10 Januari 2003, pesawat kecil tanpa keterangan detil, terbang di Piper Tomahawk, menuju Bandara Goodwood, Chichester, Barat Sussex, Inggris. Pesawat hilang di perairan Pagham dan Selsey, sebelah barat Sussex.

10 September 2004, sebuah pesawat yang lepas landas dari bandara Le Startit, Spanyol Selatan ke Bandara St Secondon di Perancis. Pesawat hilang di daerah Pyreees karena cuaca buruk. Pesawat kecil sejenis Cassa ini hilang bersama dua awaknya.

10 Januari 2006, sebuah pesawat latih hilang setelah lepas landas dari Chattanooga, Tenessee, saat menuju pangkalan udara Angkatan Laut Pensacola Amerika Serikat. Pesawat tipe T-39 Sabreliner hilang di sekitar Elijay, Georgia. Empat orang turut hilang dalam pesawat jet militer ini.

23 Agustus 2006, akibat hujan deras, terpaan es dan kabut tebal di sebelah utara Dacota dan Minessota, Amerika Serikat, pesawat dengan mesin tunggal Piper Cherokee yang dinaiki Bob Nelson hilang. Radar terakhir melacak keberaaan Nelson di barat daya Jamestown, empat jam setelah tinggal landas dari Dakota.

23 Oktober 2006, pesawat jenis Cessna hilang selepas landas dari Landasan Mulege, California, Amerika Serikat.

1 Januari 2007, pesawat AdamAir jenis Boeing 737-400 dengan nomor penerbangan DHI-574 hilang pantauan radar. Pesawat dengan total 102 penumpang ini hingga saat ini belum diketahui keberadaannya.

1 komentar:

  1. Harrah's Resort Southern California, Valley Center, CA
    Find 창원 출장마사지 the 용인 출장마사지 cheapest and quickest ways to get 구리 출장안마 from Harrah's 대전광역 출장마사지 Resort Southern California, Valley Center to Harrah's Resort Southern California, 삼척 출장마사지 Valley Center,

    BalasHapus


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by ArchitecturesDesign.Com Beautiful Architecture Homes